Cara aktivasi kartu kredit Bank BTN dan Cara Bayar Tagihannya

      Comments Off on Cara aktivasi kartu kredit Bank BTN dan Cara Bayar Tagihannya
Spread the love


Cara aktivasi kartu kredit Bank BTN dan Cara Bayar Tagihannya

Sudah punya kartu kredit BTN tapi belum tahu cara aktivasi kartu kredit Bank BTN? Atau lagi cari informasi kartu kredit Bank BTN sebagai pertimbangan? Simak ulasan HaloMoney.co.id seputar cara aktivasi kartu kredit Bank BTN dan informasi penting lainnya!
Memiliki kartu kredit sekarang ini sudah menjadi keharusan. Kartu kredit sebagai salah satu alat transaksi untuk menopang gaya hidup. Seperti membeli barang-barang dan kebutuhan yang sulit memenuhi dengan pembayaran tunai.
Misalnya, membeli tiket hotel dan pesawat dengan harga promo dari sebuah situs travel. Pembelian tersebut hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit.
Cara ini membuat semakin banyak orang ingin memiliki kartu kredit. Alhasil, pengajuan aplikasi dari para nasabah membanjiri bank-bank penerbit kartu kredit. Salah satunya Bank BTN. Bank yang lebih dikenal sebagai bank pemberi kredit pemilikan rumah (KPR) ini juga ikut meramaikan bisnis kartu kredit.
Tapi, tak sedikit nasabah kartu kredit Bank BTN masih kebingungan lho cara aktivasi kartu kredit Bank BTN saat baru diterima sebagai nasabah kartu kredit.
Nah, sekarang saatnya kamu menyimak ulasan cara aktivasi kartu kredit Bank BTN beserta informasi penting lainnya berikut!

Alasan memilih kartu kredit Bank BTN
Pernahkah kamu membuat daftar pertimbangan ketika memutuskan sesuatu? Dalam hal memilih kartu kredit, apakah kamu membuat daftar pertimbangan? Sebelum memahami cara aktivasi kartu kredit Bank BTN, tentu kamu harus yakin dulu alasan kamu memilih kartu kredit Bank BTN.
Kartu kredit Bank BTN memberikan keuntungan yang generic dari masing-masing kartunya. Inilah yang sering jadi alasan nasabah memilih kartu kredit Bank BTN. Jumlah kredit dan biaya tahunan yang dikenakan kepada pemegang kartu merupakan kunci perbedaan dari setiap kartu. Masing-masing kartu BTN memiliki fitur program Reward atau Prima Point, Prima Cicilan. Prima cicilan adalah program cicilan ringan dengan bunga 0%, serta diskon-diskon untuk berbagai pembelanjaan tertentu. Kartu kredit BTN juga menyediakan program pindah tagihan atau balance transfer, yang memungkinkan kamu untuk memindahkan tagihan dari satu kartu ke kartu lain.
Bank BTN menyediakan 3 jenis kartu kredit yakni kartu kredit Gold, Silver dan Platinum. Dan limit kredit dari masing-masing kartu ini berbeda berdasarkan tipenya seperti gold mencapai 40 juta rupiah, untuk kartu silver mencapai 10 juta rupiah dan kartu platinum mencapai 50 juta rupiah. Untuk iuran tahunan dari Rp 192 ribu, Rp 96 ribu, dan Rp 384 ribu secara berurutan. Selain itu setiap kartu ini juga memiliki perbedaan dalam penyediaan fasilitas ‘airport lounge’ di bandara utama di Indonesia.
Kartu kredit BTN memberikan fitur point reward untuk mendapatkan point reward yang kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah menarik atau voucher tertentu. Setiap pembelanjaan Rp 2.500 maka kamu akan mendapatkan 1 prima point. BTN juga menyediakan fasilitas Prima cicilan dimana program cicilan ringan untuk setiap kartu BTN ketika kamu membeli barang tertentu. Juga dengan kartu kredit BTN kamu bisa menikmati berbagai penawaran harga khusus yang sangat menarik untuk melengkapi kebutuhan rumahmu. Nah, sudah yakin dengan keuntungan dan alasan memilih kartu kredit Bank BTN?
Ketentuan aplikan kartu kredit Bank BTN
Ada lagi nih informasi penting yang perlu kamu pahami sebelum mengulik tentang cara aktivasi kartu kredit Bank BTN, yaitu ketentuan aplikan kartu kredit Bank BTN. Informasi ini berguna buat kamu yang baru mau apply kartu kredit BTN atau untuk menjelaskan pada kerabat dan saudara yang akan apply kartu kredit. Ada beberapa ketentuan untuk aplikan kartu kredit Bank BTN yaitu :
Aplikan kartu BTN harus berusia 21 tahun atau sudah menikah untuk mengajukan kartu utama sedangkan untuk kartu tambahan minimum usia adalah 17.
Aplikan harus warga negara Indonesia atau harus berdomisili di Indonesia
Penghasilan minimum sebesar Rp 2.000.000 per bulan
Persyaratan aplikasi kartu kredit Bank BTN
Setelah ketentuan, sebelum beraih pada cara aktivasi kartu kredit Bank BTN, ketahui dulu yuk persyaratan aplikasi kartu kredit Bank BTN. Berikut beberapa persyaratannya :
Mengisikan formulir aplikasi kartu kredit BTN
Untuk karyawan: Fotokopi KTP/Paspor, Slip gaji bulan terakhir/surat keterangan gaji, dan fotokokopi kartu kredit jika dibutuhkan.
Untuk pengusaha dan professional: Fotokopi KTP/Paspor, Fotokopi Surat Ijin Praktek (professional saja), Fotokopi Rekening Koran / Rekening Tabungan 3 Bulan Terakhir (pengusaha saja), fotokopi NPWP dan SIUP atau akta perusahaan (pengusaha saja) dan fotokokopi kartu kredit jika dibutuhkan.
Cara aktivasi kartu kredit Bank BTN
Saatnya membahas cara aktivasi kartu kredit Bank BTN. Setelah kamu mendaftar dan mendapatkan kartu kredit Bank BTN, langkah selanjutnya tentu mengaktivasinya. Berikut cara aktivasi kartu kredit Bank BTN dengan mudah :

Melalui call center

Cara aktivasi kartu kredit Bank BTN dengan menghubungi call center dipastikan harus melewati tahapan verifikasi data. Bila verifikasi data tidak berhasil maka pemilik kartu akan disarankan untuk melakukan pemutakhiran atau update data pribadi lebih dahulu dengan mengirimkan dokumen. Jadi sebelum menghubungi call center untuk aktifasi kartu, sebaiknya kamu menjawab dengan benar data pribadimu di call center Bank BTN. Nomor call center Bank BTN ialah 1500286.

Melalui SMS

Selanjutnya, cara aktivasi kartu kredit Bank BTN ialah dengan SMS ke nomor 3555. Cara ini paling mudah dilakukan. Selain itu, prosesnya sangat cepet dan tidak mengharuskan kamu untuk membayar pulsa. Info lengkap cara aktivasi kartu kredit Bank BTN bisa kamu baca di selebaran yang dikirimkan bersamaan dengan kartu kredit.

Melalui ATM

Cara aktivasi kartu kredit Bank BTN berikutnya adalah melalui ATM. Cara ini bisa dilakukan jika kamu sudah menerima PIN. Bila kamu belum menerima PIN, ikuti cara- cara proses pembuatan PIN via SMS. Bila sudah memiliki pin kartu kredit, ikuti langkah-langkah berikut ini :
Masukkan kartu kredit ke dalam mesin ATM
Masukkan 6 digit pin kartu kredit
Pilih menu Aktivasi Kartu Kredit
Masukkan 4 digit kode aktivasi
Selesai, kamu akan menerima informasi bahwa kartu kredit kamu telah aktif.
Jika masih bingung, kamu bisa mengunjungi situs resmi Bank BTN atau dengan menelpon customer cervice Bank BTN. Jangan lupa perbanyak informasi lainnya yang kamu butuhkan.
Baca juga: Kartu Kredit Cicilan 0% Pilihan HaloMoney.co.id 2018
Cara pembayaran kartu kredit Bank BTN
Setelah mengetahui cara aktivasi kartu kredit Bank BTN, ketahui juga yuk cara pembayarannya. Ini akan mempermudah kamu saat ingin membayar kartu kredit.
Berikut ini cara pembayaran kartu kredit Bank BTN :

Melalui ATM

Kamu bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit di Bank BTN melalui ATM. Cara ini memang yang paling dasar dan ditawarkan oleh semua penerbit kartu kredit. Secara khusus bank penerbit kartu kredit mengupayakan kemudahan pembayaran melalui layanan ATM kepada para pemegang kartu mereka, termasuk Bank BTN.
Namun bukan berarti pembayaran melalui ATM bisa berjalan tanpa risiko. Dalam pembayaran tagihan kartu kredit melalui ATM dari bank yang berbeda, membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari kerja agar dana tersebut masuk ke dalam sistem bank penerbit kartu kredit. Dengan alasan tersebut, bank seringkali menyarankan agar pembayaran dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba, setidaknya 3-5 hari sebelumnya.

Melalui internet banking dan mobile banking

Selain menggunakan layanan pembayaran melalui ATM, Bank BTN juga memberikan kemudahan pembayaran melalui internet atau mobile banking yang telah banyak digunakan oleh bank-bank di Indonesia. Hal ini tentu hanya bisa dilakukan oleh orang yang menggunakan layanan internet banking atau layanan mobile banking pada rekening tabungan yang dimilikinya.
Dalam pembayaran dengan menggunakan internet banking dan mobile banking, langkah pembayaran tagihan dapat dilakukan sebagaimana tahap pembayaran tagihan kartu kredit melalui ATM. Pastikan layanan internet banking/mobile banking telah diaktifkan, sehingga pembayaran tagihan kartu kredit tersebut bisa berjalan dengan lancar.
Umumnya pembayaran melalui mobile banking lebih cepat daripada internet banking. Jika kamu membayar tagihan kartu kredit Bank BTN dari aplikasi mobile BTN, pembayarannya membutuhkan waktu tak lebih dari sehari.

Pembayaran cepat melalui transfer ATM

Cara lain agar pembayaranmu cepat tercatat di sistem bank penerbit ialah dengan pembayaran melalui transfer bank. Pililh menu transfer antar bank, lalu kirim tagihan ke rekening bank milik nasabah. Perlu dicatat, rekening nasabah yang digunakan ialah nomor kartu kredit yang tertera di depan kartu kredit. Nomor tersebut sebenarnya adalah nomor rekening kartu kredit milik nasabah yang diterbitkan bank. Cara pembayaran seperti ini akan tercatat di bank tujuan pada hari itu. Cara seperti ini merupakan tips dari sejumlah nasabah dan pegawai bank bagian kartu kredit di sebuah bank asing.
Itulah informasi seputar cara aktivasi kartu kredit Bank BTN dan informasi penting lainnya. Buat kamu yang belum memiliki kartu kredit dan sedang dalam upaya membandingkan, yuk temukan berbagai pilihan produk kredit tanpa agunan dari berbagai bank, lengkap dengan informasi promo terbaru di situs perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan pinjaman HaloMoney.co.id.